Yamaha R15 2019 Monster Energy



Setelah cak IWB mbahas Yamaha R15 versi Monster Energy di sini, darah montir saya bergejolak dan penasaran dengan jeroannya.

Walaupun kalau untuk naik motor ini udah gak terlalu mbois, karena faktor usia.

Pas di PRJ, bocahku yang masih kecil seneng banget motor ini. Sampai-sampai pas sampai rumah ketika saya sedang edit foto ini, eh dia nyeletuk.

Pah aku kasih uang yang buat nabung beli motor itu. Sambil nyodorin dompet yamaha yang dia dapat di PRJ.

Tak kasih lah 2000 perak. Hehe

Kapan ngumpulnya ya?

Harganya aja 36 jutaan. Tapi ga papa yang penting semangat ya le..

Mesin sama engga ya dengan R15 lama?

Kalau saya lihat sekilas mesinnya mirip banget saya motor saya, vixion tua. Tapi ternyata sudah beda tho.

Motor ini sudah menggunakan VVA yang katanya singkatan dari Variable Valve Actuation. Teknologi ini yang bisa bikin R15 nyantai bisa, galak bisa. Karena torsinya rata disemua putaran.

Ibaratnya nih, mas bro punya dua noken as, racing dan standar.

Terus...

Dipasang bergantian sambil jalan. Bisa engga?

Dengan teknologi VVA ini bisa. Teknologi seperti ini bisa dijumpai di mobil-mobil seperti BMW yang namanya Valve tronic, Honda yang namanya VTEC, dll

Untuk teknologi mesin selanjutnya adalah Forged Piston & Diasil Cylinder. Tapi memang sudah sejak vixion lahir teknologi ini diperkenalkan.

Kalau dulu, banyak pemilik motor kuatir jika piston rusak harus ganti berikut blok mesin. Kalau sekarang sepertinya sudah tidak ada yang kuatir. Apalagi pengalaman saya menggunakan vixion, awet. Asal dirawat rutin ya.

Catatan lain saya untuk mesin adalah

  • Kapasitas mesin 155 cc
  • Mekanisme katup DOHC

Rangka Deltabox

Tentang rangka, R15 memang menggunakan Deltabox dan sepertinya tidak ada yang dirubah dari vixion.

Karena penasaran, dan hanya bisa bertanya pada rumput yang kering, saya cek dari catalog.

Dan hasilnya nomer partnya beda. Besar kemungkinan ada perbedaan di sejumlah titik. Bisa jadi braket, dll

Begeser ke belakang, lengan ayunnya manteb, dari bentuknya sudah cakep. Dan pastinya arm belakang tersebut lebih ringan karena dibuat dari alumunium.

Ada yang mau beli?

Jika ingin membelinya untuk modif motor kesayangan, kita harus siapkan 1,5 jutaan. Kalau limbah moge dapat engga ya dengan harga segitu?

Shock depan sudah menggunakan upside down. Kira-kira di tilang engga ya sama pak polisi? Karena saya pernah baca yamaha xebre ditilang karena suspensi depan yang dipikir dibalik.

Ban Lebar

Pada roda depan, dipasang ban IRC ukuran 100/80 -17M/C 52P tipe RX-01F yang aman untuk ngebut sampai kecepatan 150 km/jam dan sanggup menahan beban 200 kg. Tekanan ban, tidak boleh dipompa lebih dari 36 psi (2,5 bar).

Pindah ke roda belakang, menggunakan ban belakang dipasang ban IRC ukuran 140/70-17M/C 66S dengan tipe RX-01R yang aman buat ngebut sampai kecepatan 180 km/jam dan sanggup menahan beban 300 kg.

Pengen tahu harganya?

Harga ban depan kalau di dealer 334.000 dan untuk belakang 557.000.
Mau lebih murah ? Silahkan cek di toko sebelah.

Tampilan

Bicara tampilan mending lihat foto saja ya, baik dari samping maupun dari belakang
Tampilan juga lebih cakep karena menggunakan speedometer digital.

Biaya Perawatan

Kalau sudah punya motor yang ganteng pisan, pastinya mesti dirawat lah. Nah buat ngerawatnya mesti ikutin jadual dan kira-kira habis berapa ya?

Jasa, terus terang sudah ga hapal karena sudah ga pernah main ke dealer. Kalau soal part, saya bisa bantu intip ya

  • Harga oli ..... 
  • Harga Busi NGK MR8E-9 Rp 20.000
  • Harga filter udara Rp 105.000
  • Harga filter oli Rp 29.000 + Oring 7.000
  • Harga brake pad depan Rp 59.000
  • Harga brake pad belakang Rp 79.000
  • Harga air radiator
  • Harga aki Rp 235.000

Udah dulu ah, garasi mau tutup... bye

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yamaha R15 2019 Monster Energy"

Post a Comment