Ingin Beli Scanner? Pertimbangkan 4+ Scanner Mobil Terbaik Berikut



Pernah menggunakan banyak scanner, membuat saya bertanya-tanya mana ya scanner mobil terbaik dan mana yang harus saya beli?

Untuk bengkel yang punya modal besar, seperti auto service dimana saya bekerja pastinya punya banyak pilihan. Tetapi untuk yang punya modal kecil seperti saya harus bagaimana?

Betul kan lur?

Untuk itu saya akan coba menulis ulasan jujur tetapi mungkin tetap buget masing-masing yang menentukan.

Scanner keluaran pabrik adalah scanner yang terbaik.

Ya pasti.

Misalnya kita buat bengkel spesialis mercedes, terus beli scanner mobil khusus mercedes. Atau spesialis honda, toyota dan merk-merk lain.

Contoh diatas adalah scanner porsche, khusus untuk porsche.

Tapi

Untuk bengkel umum kan biayanya berat jika setiap merk harus beli scanner. Apalagi harga scanner mobil dari pabrikan ga murah. Belinya bagaimana? Dimana ?

Ada yang pernah coba atau ada yang punya lur?

Saya tidak ada pengalaman beli, tetapi jika untuk menggunakan masing-masing scanner pabrikan lumayan pernah lah. Jadi tahu susahnya pakai punya mercy, susahnya pakai punya audi walaupun kata yang biasa pegang gampang dan enak.

Terus terang saya jauh lebih suka menggunakan scanner mobil universal. Terutama jika masalah mobil tidak terlalu serius. Dalam artian memerlukan penanganan lebih lanjut.

Tetapi sebelum bahas yang universal, boleh kan kalau saya memberikan opini tentang scanner pabrikan?

Berikut opini menurut mobil.septapw.com

Keuntungan menggunakan scanner mobil pabrikan :
  • Bisa mengakses lebih jauh setiap control unit yang terpasang pada mobil
  • Mendukung coding dan adaptasi control unit.
  • Apabila resmi, mendukung adaptasi online ke pabrikan.

Tantangan
Saya tidak berani bilang kerugian, tetapi tantanan untuk kita semua.
  • Untuk ori mahal dan belum tentu boleh beli, karena bengkel tidak terdaftar dalam jaringan bengkel pabrik
  • Untuk yang produk dipasaran, agak deg-degkan aja kalau ga bisa dipakai
  • Investasi untuk bengkel umum mahal karena satu merk mobil satu scanner.
hal diatas adalah opini saya pribadi ketika sering bersentuhan dengan scanner pabrikan.


Scanner mobil Launch.

Scanner mobil launch ini adalah scanner yang pertama kali saya kenal. Jaman dulu, kira-kira lima belas tahun yang lalu, untuk boleh menggunakannya harus merayu-rayu operator.

Boleh pegang dan baca fault code saja sudah senang banget.

Scanner mobil ini memang dari China tapi memang pelopor scanner terjangkau. Jika ingin lihat wujudnya, saya ada video unboxingnya



Fiturnya cukup lengkap. Bisa buat mobil eropa, bisa buat mobil asia, bisa juga untuk mobil amerika. Selama pakai scanner launch ini, cukup banyak membantu ketika mengerjakan mobil.

Untuk cara pakainya susah engga?

Cara pakainya mudah, hanya saja untuk menyelesaikan problem mobilnya yang berat. Karena untuk bisa menyelesaikan problem mobilnya perlu belajar sistem injeksi. Mungkin bisa belajar di montirpintar.com

Saya ada beberapa contoh video pemakaian di chanel youtube montir pintar. Contohnya seperti dibawah ini.


Kenapa contohnya menggunakan minicooper?

Kebetulan yang saya videokan adalah mobil tersebut. Selain diatas banyak juga merk lain, toyota avanza, rush, honda, dll.

Salah satu alasan saya menyarankan menggunakan scanner ini adalah update dan support dari supplier. Jangan sampai sudah beli, ketika ada apa-apa dengan scannernya,

Dulu pemegang merknya hanya PT. Kawan Lama. Tetapi sekarang mungkin sudah banyak yang jual. Bahkan tempat sayapun bisa bantu jika mau lurr. Kalau tidak salah juga dapat training EFI dan cara pakainya.

Call me ya. Tapi lewat kantor aja ya 021 4213335. Nanti saya akan coba bantu. Minimal silahkan tinggalkan nomer anda lur buat saya wa.

Scanner Mobil Autoland

Scanner mobil autoland juga merupakan salah satu scanner yang sering saya gunakan. Di bengkel, yang digunakan untuk sehari-hari adalah atutoland ini

Sejauh saya coba, hampir semua mobil bisa untuk didiagnosa. Dan untuk update juga selalu ada, bedanya dengan merk diatas tidak touch screen. 

Soal harga juga hampir sama dengan launch diatas. Tetapi sepertinya lebih tinggi. Jika berminat pun saya akan bantu untuk contact ke teman yang menjualnya kepada kami.


Scanner Mobil Autoland IWT-II


Scanner ini sekilas sama dengan autoland, hanya saja secara fitur lebih powefull. Terutama jika kita ingin adaptasi atau mengerjakan mobil-mobil amerika dan eropa

Di bengkel kami cukup keramat, tidak boleh sembarangan dipakai mekanik. Kemarin saja saya minta montir untuk ambilkan scanner ini tidak diperbolehkan. Tetapi tidak semua boleh pakai.

Selain karena fitur yang jauh lebih lengkap dan kemampuan yang mumpuni juga karena harganya bisa 3 kali lipat.

Kami mengandalkanya untuk merk-merk amerika.

Scanner Mobil BOSCH KT 740

Kalau bengkelmu spesialis eropa, bisa milih scanner ini lur. Untuk Asia bisa juga sih, tetapi kurang dalam. Nilai plusnya untuk scanner ini adalah dilengkapi wiring dan beberapa data spesifikasi kendaraan.

Hampir seperti scanner mobil original. Tetapi untuk hampir semua merk. Jika ketemu masalah, disediakan tuntunanya. Tapi ya bahasa inggris.

Jika beli full version.

Dan bisa juga dilengkapi catalog dari produk-produk BOSCH. Kalau produk bosch lengkap dan tersedia di Idonesia, pasti sangat powerful. 

Untuk update terjamin, selalu ada setiap enam bulan. Tapi jika tidak update khusus scanner ini tidak bisa dipakai.

Itu jeleknya menurut saya pribadi. Mau diajak cari duit ko malah minta duit mulu. Kecuali aturannya sudah berubah ya lur.

Saya pribadi juga jarang-jarang menggunakan scanner ini. Hanya sering mencari solusi dikala kepepet karena data yang tidak lengkap dan tidak bisa ditunjang beberapa merk diatas.

Dan juga karena sudah ada beberapa scanner ori dari pabrikan eropa. Boleh dibilang agak tersingkirkan.

Kesimpulan

Jadi manakah scanner yang terbaik? menurut saya adalah tergantung segmen mobil yang dulur-dulur ingin kerjakan.

Yang termahal bukan berarti yang terbaik. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Tetapi jika ingin beli pertimbangkan update dan support bukan hanya sekedar murah dan terjangkau. Karena scanner mobil menjadi asset penting untuk bengkel modern.

Salam kunci


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Beli Scanner? Pertimbangkan 4+ Scanner Mobil Terbaik Berikut"

Post a Comment